Catatan Si Sulung

Kawan Kecil

2012-03-25_8080-11x15-sfw(pp_w900_h660)

Hari senin yang lalu, tepat tanggal 31 Agustus 2015 ada kejadian yang sudah saya tunggu sejak lama. Tentang pertemuan.

Saat itu saya sedang bekerja seperti biasa di Laboratorium Puskesmas Bojongsari. Sedikit cerita, puskesmas ini terletak tidak jauh dari desa karangbanjar, tempat dulu saya tinggal dirumah dinas dan sekaligus bersekolah disana saat duduk dibangku sekolah dasar. Asal tahu saja ya, saya pernah pindah sekolah dasar tiga kali :D. Awalnya dulu saya di pondok jombang umur TK, lalu keluar dan sekolah langsung kelas 2 SD di SDN 1 Karangbanjar, sampai kelas 3. Lalu kelas 4 saya pindah ke SDN 1 Penaruban yang jauh dari sebelumnya sekaligus pindah rumah [tapi ibu tetap bekerja di pustu karangbanjar]. Lalu kelas 5 saya pindah ke SDN 1 Karangbanjar dan kelas 6 saya pindah lagi ke SDN 2 Penaruban.

Nah saat dulu saya masih bocah, saya punya banyak teman di karangbanjar. Sebut saja yos, wika, prapti, imron dan imah. Ada juga teman lain seperti anis, ningsih, jafar , galih, melani, putri.

Nah kejadian hari senin itu adalah kejadian yang sudah saya rindukan. Saya bertemu dengan imah untuk pertama kalinya setelah berpisah cukup lama sejak saya pindah sekolah. Kejadiannya cukup lucu hehe. Jadi kakak ipar imah sedang diperiksa di laboratorium, periksa khas ibu hamil [seperti cek hemoglobin, protein urin]. Nah kakak iparnya itu diperiksa sama bu yayu [partner kerja saya], dan saya saat itu sedang menulis di buku register. Tiba-tiba kakak ipar imah berkata [sebelumnya saya tidak tahu kalau itu kakak iparnya dan yang diluar lab itu imah]:

“Ini fitri ya?”

Saya fast respon, “Nggih bu.”

“Oh itu imah tadi tanya, itu yang didalam lab kayak fitri mukanya.”

“Loh, jadi itu beneran imah. Tadi saya lihat diluar juga sempat mbatin ‘itu orang kaya imah.’ ternyata bener.” saya sambil cengengesan.

Lalu saya sempatkan salaman-cipika cipiki dengan imah sambil tanya-tanya. Excited banget, dulu imah ini teman saya yang lumayan akrab. Dulu main masak-masakan dan beli minyak tanah ke dia yang cuma berapa perak rupiah. Masih ingat betul, dirumahnya dulu ada jam besar yang ada gambar anak kecil kaya lagi dzikir 😀

Sebenarnya sudah sering saya ditanyai: “Ini fitri ya, putrinya bu samini?”

Kenapa saya kok se-terkenal itu wkwk, karena ibu saya dulu kerja di puskesmas pembantu di karangbanjar dan otomatis pergaulannya dengan orang-orang karangbanjar. Sekaligus dulu jaman masih bocah saya sering diajak main sama pasiennya ibu. Heran kan, saya begitu penurut kalau diajak oranglain padahal itu kan berbahaya heheu. Beda banget sama adik lelaki saya, roofi, dulu waktu masih bocah kalau ada oranglain cengengnya minta ditabok 😛

Sampai dulu ada nenek-nenek yang rumahnya agak jauh dari pustu, namanya nini gower, beliau rela gendongin saya sambil jalan kerumahnya padahal jalannya menanjak naik. Nini gower itu jualan kue satu, dan kami sering dikasih kue itu. Kalau sudah siang biasanya ibuk yang jemput saya kerumah nini gower. Sekarang, nini gower sudah meninggal, sejak lama beberapa tahun yang lalu. Semoga kita ketemu lagi ya nini gower, sama nini karsih juga yang meninggal tahun-tahun lalu [pasien ibuk juga]. Semoga khusnul khatimah 🙂

Next time, semoga ketemu kawan kecil lainnya 🙂

Rumah, Purbalingga.

6 September 2015

Tinggalkan komentar